Percik Keluarga

WRITE. CONNECT. SHARE

Catatan Bunda

Assalamu’alaikum Luna,

1. Jadilah seorang muslimah. Cari keinginan dan pelajari untuk memahami alam semesta dan lingkungan kamu saat ini. Luangkan waktu untuk melihat keindahan alam yang ada di bumi maupun planet lain. Ucapkan syukur kepada Allah.

2. Jadilah pintar dan cerdas. Jangan pernah malu untuk menjadi pintar dan cerdas. Tak  perlu malu jika memang itu menjadikan kamu seorang kutu buku dan menggenakan kacamata. Belajarlah banyak hal, mulai dari ilmu pengetahuan umum bahkan matematika, fisika, maupun kimia. Cintai semua bidang ilmu. Ya, menjadi pintar dan cerdas tak akan pernah lekang oleh waktu. Kedua nilai tersebut akan mengikuti dan terus tumbuh bersamamu. Pasti yang perlu kamu sadari, kepintaran dan kecerdasan yang kamu miliki dapat mengarahkanmu ke jalan sukses.

3. Tidak perduli berapa kali kamu mendengarnya, bahwa perhiasan bukanlah teman terbaik bagi seorang perempuan. Teman merupakan harta tak ternilai karena mereka bisa dipercaya dan setia. Cobalah temukan teman terbaikmu, yang mampu menemanimu melalui masa-masa baik, buruk, senang, dan sedih. Beberapa teman akan datang dan pergi, tapi teman sejati tak akan pergi dan selalu denganmu.

4. Jangan takut kotor. Selama itu terbaik untuk dilakukan maka lakukanlah. Ini merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan kreativitas. Kamu bisa melakukan kegiatan memahat, menggambar, bahkan kegiatan klasik seperti membuat kerajinan dari tanah liat.

5. Cobalah untuk melakukan permainan layaknya seorang laki-laki – misal sepakbola, basket, panjat tebing, fotografi, atau mendaki gunung. Permainan itu akan memberitahumu bahwa ada batasan antara laki-laki dan perempuan. Jika kamu sudah mengetahui, cobalah mencari hal apa yang dapat kamu lakukan meskipun kamu seorang perempuan.

6. Berjabat tanganlah dengan kuat untuk meninggalkan kesan abadi. Ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan diri dan ambisi. Sebuat jabatan kuat dan kontak mata langsung dapat mengartikan bahwa kamu menghormati orang lain. Ini juga memberi tanda bahwa kamu adalah orang yang  ramah, dapat dipercaya, dan jujur.
7. Bacalah sesuatu setiap hari. Tak perlu mengkotak-kotakan tema bacaan, cobalah semua meskipun sekali. Membaca adalah cara terbaik melatih otak. Membaca dapat memperluas pengetahuan dan kosakata, serta memungkinkan bagi kamu untuk berimajinasi.
8. Gunakan aturan-aturan make up sewajarnya. Terkadang, perempuan perlu menggunakan make up secara ekstra pada acara-acara tertentu, tapi jangan lupa make up sederhana pun tak masalah.
9. Tren mode tak selalu baik. Tren fashion akan datang dan pergi, dimana tidak semuanya menjadi sangat menakjubkan. Mungkin, atasan dan rok pendek terlihat baik bagi orang lain, tapi tidak berlaku bagi kamu.
10. Tolong, jangan biarkan dirimu menjadi milik orang lain. Jika kamu ingin menunjukkan siapa diri kamu yang sebenarnya melalu pakaian dan aksesoris, setidaknya gambarkan apa yang menjadi bagian dari dirimu.
11. Berbicara mengenai tren, jika tren saat ini kecenderungan melanggar norma keluarga, tolong abaikan tren tersebut. Biarkan tren itu datang dan pergi, tanpa harus kamu ikuti.
12. Jadilah seorang penolong tanpa harus memberitahu dan diketahui orang lain. Tak perlu menunjukkan bahwa kamu memiliki  sayap layaknya malaikat.
13. Jangan biarkan budaya pop mendefinisikan dirimu. Entah mengapa, budaya pop secara perlahan dapat membunuh emosional, spritual, dan intelektual. Tak perlu menilai bahwa perempuan harus memiliki pesona fisik, seperti langsing, tak berjerawat, popularitas, dan “sampah” lainnya. Yakinlah untuk melawan arus itu.
14. Terimalah dirimu yang istimewa ini. Kamu adalah satu, itulah yang menjadikan kamu cantik. Tinggi, pendek, besar, kecil, berambut hitam-coklat-pirang karena kita semua berbeda.
15. Kesehatan menjadi kuncimu. Ini adalah aset terbesar dalam hidup. Pilih gaya hidup sehat di masa mudamu akan menjadi tonggak dasar kesehatan sepanjang hidupmu. Cobalah melakukan sejumlah pendekatan positif seperti olahraga, manajemen stres, motivasi diri, sikap positif, dan meditasi. Pendekatan tersebut bisa membuat kualitas hidup, kesehatan, dan kebahagiaan.
16. Percaya diri. Citra positif yang ada dalam kepercayaan diri dapat mengarahkan pada tujuan dan target yang ingin kamu capai. Tak perlu takut untuk mengejar impian terbesarmu.
17. Cintai dengan segenap hatimu, karena ketika ada cinta maka akan ada kehidupan. Cinta adalah universal dan dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup. Perasaan cinta yang kuat mampu menjadi magnet dan membuat dunia lebih penuh makna.
18. Jangan pernah takut untuk menertawakan diri sendiri. Tertawa dapat menjadikan mu rendah hati. Ini memberikan inspirasi dan memotivasi mu.
19. Dimana pun kamu hidup dan menetap nanti, kamu bisa datang ke rumah. Saya akan selalu berada di sini.
20. Nikmati kepolosan masa kecil mu. Dalam dunia yang penuh dengan nilai-nilai yang dangkal, tekanan teman sebaya, dan intimidasi, serta budaya pop yang mendorong materialisme dan konsumerisme. Ada tekanan konstan bagi mu untuk tumbuh terlalu cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: