Percik Keluarga

WRITE. CONNECT. SHARE

Anggota Percik

Meskipun Bunda dan Ayah masih satu almamater, nyatanya kami berdua tidak begitu akrab. Bisa jadi ini disebabkan oleh organisasi yang kami ikuti sangat jauh berbeda. Ayah tergolong aktivis di kampus sehingga masuk ke organisasi Himajur (Himpunan Mahasiswa Jurnalistik), sedangkan Bunda masuk organisasi ilegal dan tidak masuk dalam salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yakni Forum Kreativitas atau yang sangat dikenal dengan singkatan FOK’r.

Ya, dari sudut pandang Bunda, kedua organisasi tersebut memang bertolak belakang. Himajur fokus pada kegiatan-kegiatan kampus dan mahasiswa, urusannya terkait kebijakan-kebijakan entah apa itu. FOK’r sendiri, bergelut di sisi kreativitas – mulai dari fotografi, teater, musik, dan lingkungan. Bunda pun selalu menganggap, “Apa sih yang dilakukan Himajur? Debat melulu. Hasilnya? NIHIL”. Ayah pun demikian, “FOK’r tuh enggak ada kerjaan ya? Sampai bikin kegiatan mungutin sampah di kampus. Bagi-bagi bunga mawar kepada mahasiswa yang lewat di pintu gerbang?”. Dan, pemikiran-pemikiran lain.

Jadi, kalau dibilang kenal, ya sebatas kenal saja, sambil lalu. Walaupun Bunda tahu, Ayah sangat populer karena memang kerap sharing kepada adik kelas terkait mata kuliah tertentu. Hmmm, bahkan jadi mahasiswa kesayangan beberapa dosen, nyatanya justru poin tersebut membuat Bunda nyinyir dan langsung memberi stempel “belagu”. Ditambah, kala itu Ayah dan sang pacar, begitu mesra banget, mirip best couple, bikin tambah eneg lihat pemandangan itu.

Dunia Bunda tak kalah hebat, dikelilingi teman-teman yang menyenangkan. Ya, walaupun Bunda tidak mempunyai pacar kala itu – ets, tapi banyak loh yang melakukan penjajakan, nyatanya kandas karena memang Bunda cepat banget ilfeel. Bukan karena terlalu selektif, tapi memang belum menemukan yang sreg dan bikin nyaman saja.

Ayah pun menyandang gelar alumnus, sementara Bunda masih berkutat dengan mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan, Seminar, dan Skripsi yang begitu menguras tenaga dan pikiran. Ayah, Dia. Bunda, Aku.

8703404115_e9a4430448_bMENCOBA HADIR KEMBALI
Skripsi, bimbingan, revisi, dan seterusnya. Itu yang Bunda lakukan di semester akhir. Selesai bimbingan, langsung ke perpustakaan untuk mencari beberapa materi dan bahan pendukung, lanjut merevisi beberapa bagian yang dianjurkan dosen pembimbing. Ah, sungguh melelahkan sekali. Keadaan makin miris, sahabat Bunda – Ferlina, memutuskan untuk berhenti kuliah dan berencana melanjutkan bisnis keluarga. Sahabat tak ada, pacar apalagi. Sedikit berlebihan, memang. Tanpa sadar, satu waktu Bunda pun sempat bergumam dalam hati, “Ketika lulus nanti, jika memang gue belum menemukan jodoh, ya berarti pilihannya adalah meniti karir. Titik!”

Keluar pintu gerbang kampus, sosok Ayah sempat terlihat. Ah, yang ada dipikiran Bunda sih, “Ngapain sih ni orang, udah lulus masih aja ke kampus. Mau tau banget perkembangan kampus!”. Ternyata tidak hanya itu saja, Ayah muncul lagi dan lagi. Di ruang 2.4, rental, sampai perpustakaan ada loh. Jujur, sempat gengges sih waktu di perpustakaan, Bunda lagi sibuk mengetik dan buka-buka beberapa buku, eh Ayah asyik ngobrol dengan teman seangkatannya, yang juga Bunda kenal. Tutup laptop dan pergi, itu yang Bunda lakukan.

Singkat cerita, skripsi pun disetujui dan sidang dengan tiga dosen penguji. Alhamdulillah, lancar dan tidak ada pertanyaan-pertanyaan dari para dosen yang memojokkan. Dengan hadiah donat, Bunda girang bukan kepalang. Ah, selesai juga masa ini. Beberapa teman Bunda juga demikian, menyambut riang keberhasilan Bunda dalam menyelesaikan proses sidang.

Buka pintu, ups! Ayah tepat di balik pintu itu juga. Basa-basi entah apalah namanya, Ayah menanyakan bagaimana sidangnya, so Bunda jawab. Dari pintu itulah cerita kami dimulai.

MOMEN TAHUN BARU

To be continue….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: